MASUK SIMLAB
INDONESIA

Berita Terbaru ITK

     |Balikpapan, Berita Laboratorium Terpadu ITK–Situasi pandemi saat ini tidak menghalangi Laboratorium Terpadu Institut Teknologi Kalimantan (ITK) untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi civitas akademika terkhusus bagi Program Studi Arsitektur dalam Pameran Karya Mata Kuliah Teknik Gambar Arsitektur dan Estetika Bentuk yang diselenggarakan di salah satu fasilitas ruang Laboratorium Terpadu yakniLaboratorium Studio Desain (Ruang 2.3). Pameran dilaksanakan dalam rangka pemenuhan tugas akhir semester tiga oleh mahasiswa program studi Arsitektur angkatan 2020, Kamis (17/6).


        Kegiatan yang berlangsung pada 17 Juni 2021, dihadiri langsung oleh koordinator program studi Arsitektur (Nadia Almira Jordan, S.T., M.T.); dosen mata kuliah Estetika Bentuk (Sherlia, S.T., M.Eng.); dosen mata kuliah Teknik Gambar Arsitektur (Tiara Rukmaya Dewi, S.T., M.Sc.) dan 12 mahasiswa program studi Arsitektur. Pelaksanaan pameran yang tetap menaati protokol kesehatan Covid-19, berhasil diterapkan dimulai dari kegiatan penilaian hingga presentasi karya model trimatra paviliun yang muatan karyanya mencakup kegiatan menggubah komposisi bentuk tiga dimensi berdasarkan teori bidang, aspek keruangan, bahasa rupa serta variabel bentuk fisik.


     Tema paviliun yang bertajuk ruang kreatif ini dilakukan secara kelompok beranggotakan 3 orang. Selama satu semester, mahasiswa menyelesaikan proses pengolahan massa trimatra dengan diskusi bersama dosen pembimbing. Karya yang diekspresikan dalam bentuk maket, mampu menarik perhatian pengunjung laboratorium yakni rekan-rekan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) yang turut hadir dalam pameran karya. Lebih lanjut, pengunjung pameran tidak hanya dapat menyaksikan dan mendengarkan paparan maket paviliun oleh mahasiswa namun diselipkan penilaian dalam bentuk vote karya terbaik.


Kedatangan Rekan-Rekan PLP dalam Kegiatan Pameran Arsitektur


           Kegiatan pameran karya semakin lengkap dengan adanya gelaran pameran karya mata kuliah Teknik Gambar Arsitektur yang diwujudkan melalui poster gambar tangan yang membuat gambar kerja berupa denah, tampak, potongan, dan perspektif dengan kreativitas masing-masing.

Gambar sebagian Poster Mahasiswa yang ditampilkan saat Pameran Karya

Ketua angkatan tahun 2020 program studi Arsitektur, M. Aliftara Algifari mengatakan, “kegiatan pamerannya sangat-sangat berkesan karena persiapannya dilakukan bersama-sama dengan teman-teman selama seminggu walaupun ditengah keterbatasan pandemi Covid-19, dan juga ini merupakan kali pertama pameran yang kami adakan”. Kelancaran pameran ini tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama semua pihak termasuk Kepala Laboratorium Terpadu ITK dan rekan-rekan PLP. Berlangsungnya aktivitas seperti ini menjadikan peluang Laboratorium Terpadu ITK dalam memaksimalkan konsep resource sharing dan sebagai sarana pengembangan kegiatan laboratorium yang bermanfaat bagi mahasiswa ITK dan umum.